6 Aplikasi To Do List Penunjang Produktivitas di Gawai Anda
Ulasan

6 Aplikasi To Do List Penunjang Produktivitas di Gawai Anda

Aplikasi To Do List

Ada banyak aplikasi to do list yang beredar di pasaran. Mana yang cocok untuk Anda? simak uraiannya.

Saya sering mengandalkan ponsel untuk menunjang produktivitas kerja. Salah satunya untuk mencatat hasil rapat, menyusun prioritas, mengatur agenda kegiatan, mengatur keuangan, hingga mencatat daftar belanjaan.

Di pasaran ada banyak aplikasi yang bisa menjalankan fungsi seperti itu. Berbagai fitur ditawarkan untuk menarik pengguna. Tentunya tidak semua fitur-fitur tersebut kita butuhkan. Kita harus pandai-pandai memilih aplikasi yang cocok agar bisa digunakan secara efektif.

Sepengetahuan saya tidak mudah menemukan aplikasi to do list yang sesuai dengan kebutuhan. Saya bahkan harus mencoba beberapa aplikasi, satu demi satu. Berikut pengalaman yang bisa saya bagi dari hasil coba-coba tersebut.

6

I Remember

I remember

I Remember bisa dibilang pendatang baru aplikasi to do list. Aplikasi  ini terkenal dengan cepat dan dinobatkan sebagai aplikasi pilihan editor di Google Play. Kesan saya aplikasi ini sangat mudah digunakan, cukup geser kiri-kanan untuk memilih fungsi-fungsinya.

Selain berfungsi sebagai to do list, I Remember bisa difungsikan untuk pengatur jadwal dan sarana untuk mencatat ide-ide yang tiba-tiba terbersit di pikiran kita. Semua fungsi itu bisa dilakukan tanpa harus membuka screen lock. Lucunya, aplikasi ini menayangkan kata-kata mutiara setiap hari.

Penasaran dengan aplikasi ini, silahkan unduh I Remember di Google Play.

5

Ike

Ike To Do List

Ike sebuah aplikasi to do list yang terinspirasi buku terkenal “7 Habbit of Highly Effective People” dalam menentukan suatu prioritas. Desainnya penuh warna tetapi tetap simpel digunakan.

Dengan Ike, kita bisa menentukan prioritas tugas berdasarkan tingkat kepentingan dan urgensi. Dilengkapi juga dengan fitur alarm pengingat untuk deadline dan tugas berulang seperti setiap hari, setiap 3 hari, setiap bulan, dan seterusnya.

Untuk versi premiumnya, Ike menawarkan fitur pengingat lokasi, perekam suara dan akses ke tampilan tema yang beragam. Bagi yang tertarik silakan jajal Ike di Google Play.

4

Google Tasks

Google Task

Aplikasi yang satu ini dibuat langsung oleh Google si empunya android. Jangan heran bila Google Task memiliki kemampuan mengagumkan dalam hal sinkronisasi dengan Gmail dan Google Calendar. Aplikasi ini bisa bersinkronisasi dengan hal-hal yang kita buat di Google Calender atau di Gmail.

Mungkin ada sedikit tumpang tindih dengan Keep, catatan serba guna yang juga dibuat oleh Google. Tapi kalau kita hanya ingin fokus pada fungsi to do list aplikasi ini jauh lebih simpel.

Kalau ingin menjajalnya silakan coba Google Task di Playstore.

3

Microsoft To-Do

Microsoft To Do List

Jika Anda salah seorang penggemar fanatik Microsoft, ada baiknya mempertimbangkan aplikasi ini untuk mencatat tugas-tugas. Kesan saya dengan Microsoft To-Do, canggih dan simpel. Aplikasi ini juga bekerja baik dengan aplikasi-aplikasi Microsoft lain seperti Outlook Mail.

Microsoft To-Do cocok digunakan untuk mengelola tugas-tugas kantor, sekolah, hingga rumah. Setiap daftar tugas dan pengingatnya bisa kita bagikan ke rekan kerja, teman sekolah, atau anggota keluarga yang ada dalam jaringan kita.

Bila ingin mencobanya silahkan unduh Microsoft To-Do di Google Play.

2

Todoist

Todoist

Aplikasi ini cocok untuk mengelola daftar tugas yang kompleks. Sebagai contoh, dengan aplikasi ini kita bisa menetapkan siapa yang bertanggung jawab terhadap tugas tertentu dan membagikannya dengan si penanggung jawab tersebut. Si penanggung jawab yang kita tunjuk bisa menandai bila tugasnya telah selesai.

Meski bisa menangani tugas-tugas kompleks, Todoist tetap simple digunakan. Sebagian besar fitur bisa digunakan hanya dengan menggeser layar ke kiri atau ke kanan. Todoist bisa digunakan secara offline dan akan menyinkronisasinya begitu online.

Untuk mencobanya silahkan unduh Todoist di Google Play.

1

Any.do

Any.do

Aplikasi ini bisa dibilang aplikasi to do list paling populer di Google Playstore. Sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna. Google Play menobatkannya sebagai aplikasi pilihan editor.

Selain fitur to do list, aplikasi ini bisa juga digunakan sebagai planner, kalender, dan pengingat. Any.do bisa digunakan untuk berkolaborasi, seperti berbagi daftar tugas dengan jaringan. Bahkan kita bisa chat secara langsung dalam aplikasi.

Berikut tautan aplikasi Any.do di Google Play

Saat ini ada lebih dari 350 event training & workshop terjadwal

Lihat Selengkapnya >