Tips Memilih Pelatihan Online Untuk Tingkatkan Skills Profesional Kamu
Tips & Trik

Tips Memilih Pelatihan Online Untuk Tingkatkan Skills Profesional Kamu

Pelatihan Online
Pixabay

Terlepas dari apapun situasinya, jangan biarkan pandemi atau kendala lain menghentikan proses belajar kemampuan baru. Meningkatkan kemampuan profesional bisa didapat lewat beragam cara, tapi bagaimana memilih satu yang sesuai karakter, itu masih jadi tantangan.

Mengikuti pelatihan online masih sangat disarankan di tengah situasi dunia yang dilanda pandemi. Baik lewat kelas online, webinar, atau ebook, semua materi ini bisa memberi kontribusi guna meningkatkan kemampuan profesional yang diperlukan di dunia kerja.

Lagipula, apalagi yang bisa dilakukan selama pandemi saat ingin belajar meningkatkan kemampuan?

1

Identifikasi Kemampuan yang Ingin Ditingkatkan

Satu langkah penting yang musti dilakukan pertama kali saat akan memilih pelatihan online yaitu mengidentifikasi kemampuan seperti apa yang ingin ditingkatkan. Pandemi menghadirkan banyak waktu luang, dan sekiranya inilah waktu yang tepat untuk memulai pelatihan.

Ada begitu banyak kemampuan profesional yang bisa ditingkatkan. Misalnya kemampuan mengelola waktu, manajemen komunikasi, bahasa asing, kecerdasan emosi, berpikir kritis, adaptif, juga lainnya. Semua kemampuan tersebut pastinya diperlukan untuk menjadi profesional di dunia kerja.

2

Gunakan Platform yang Sesuai

Begitu banyak platform pelatihan online yang bisa dipilih, baik itu yang berbayar atau yang gratis. Udemy misalnya, platform ini menawarkan kursus pelatihan online dengan berbagai pilihan lengkap seperti pengembangan bisnis, akuntansi dan keuangan, desain, marketing, dan lain sebagainya.

Google Digital Workshop juga menyediakan opsi yang kurang lebih sama meski subjek pelatihannya lebih spesifik seperti olah data, koding, digital marketing, dan lainnya. Platform lain yang juga bisa dipilih seperti LinkedIn Learning, SkillShare, Coursera, FutureLearn, dan beberapa universitas dunia lain.

3

Dedikasikan Satu Ruang Pelatihan Khusus

Baik teras atau home bar, dua bagian dalam rumah ini bisa dimanfaatkan sebagai lokasi favorit untuk pelatihan online. Teras mampu menawarkan lingkungan yang produktif, sementara home bar termasuk bagian rumah yang cukup tenang untuk mencari fokus.

Sebenarnya tak harus mendedikasikan satu ruangan khusus untuk bisa fokus dalam pelatihan online. Satu set meja kerja beserta komputer dan alat tulis kantor sebenarnya sudah lebih dari cukup. Jadi lain kali duduk di area ini, semua fokus harusnya sudah berada dalam mode kerja.

4

Alokasikan Waktu Khusus Untuk Belajar

Tak cukup hanya engan mendedikasikan satu ruangan khusus, harusnya alokasikan juga satu waktu khusus untuk pelatihan online. Beberapa jenis pelatihan online memang tersedia dalam bentuk rekaman, tapi kebanyakan kursus online seringnya tersedia secara langsung, atau live.

Itu sebabnya, diperlukan alokasi waktu khusus agar tak sampai ketinggalan materi. Pilih waktu yang sekiranya bisa diikuti tiap hari dan tetap konsisten dalam mengikuti jadwal yang sudah ada. Dengan menjaga konsistensi waktu, peningkatan kemampuan tak akan menjadi sebatas angan saja.

Semua materi memang sudah tersedia dalam digital, dan jam kerja dalam bentuk virtual. Semua sumber bisa didapat dengan mudah, hanya saja bentuknya yang berbeda. Tapi menjadi fleksibel juga penting untuk sesekali waktu karena bisa membantu menyesuaikan diri dengan situasi terbaru.

5

Cari Kursus Online Gratis

Karena pandemi mengharuskan siapapun berdiam diri di rumah, pemasukan pasti akan terganggu meski masih terbantu dengan WFH. Karenanya, memilih pelatihan online gratis sangat dianjurkan agar tak membuat situasi finansial makin rumit.

Webinar termasuk cara paling ideal untuk belajar meningkatkan kemampuan spesifik dalam waktu singkat. Beberapa juga dilengkapi dengan tutor sehingga memberi peluang terjadinya diskusi dua arah. Di antara jenis webinar yang patut dicoba yaitu Career Contessa, eLearning Industry, HubSpot Webinar, Score.org, dan masih banyak lainnya.

6

Hindari Gangguan

Mari akui saja bahwa kiat ini lebih mudah disebut daripada dilakukan. Manusia hidup dalam dunia di mana jutaan hal selalu menarik perhatian di berbagai rentang waktu berbeda. Yang jadi persoalan, situasi ini bisa mengganggu konsentrasi saat pelatihan online.

Satu contoh kecil, semisal scrolling instagram menjadi kelemahan, ada beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengunci semua platform sosial, bahkan smartphone. Dengan begitu, fokus dan perhatian akan selalu tertuju pada apa yang ada di depan mata.

7

Tetap Disiplin

Sikap disiplin saat mengikuti pelatihan online mampu menciptakan lingkungan ideal guna meningkatkan kemampuan. Sekeras apapun membuat suasana mirip dengan kantor, tetap saja itu rumah. Bahkan jika kondisi dunia tidak sedang dalam pandemi, disiplin juga tetap diperlukan.

Bahwa mengidentifikasi kemampuan memang penting, begitu juga saat memilih lalu memakai platform dan seterusnya, tapi semua poin tersebut tak akan berguna jika tanpa disertai disiplin. Sikap ini menjadi penting terutama dalam kaitannya mencegah potensi gangguan yang muncul.

Memilih pelatihan online di masa pandemi bisa jadi merupakan langkah cerdas guna meningkatkan kemampuan profesional dan memperbaiki CV. Selain mendapat kemampuan baru, langkah ini juga membantu memperbaiki kemampuan yang sudah ada. Begitu dunia kembali menjadi normal, kemampuan tersebut bisa membantu mendapatkan promosi atau bahkan peran baru dalam karir.

JADWAL PELAKSANAAN TERDEKAT
Microsoft Project
Scheduled

26-27 April 2021

Project Management With Microsoft Project Application

Jakarta

Rp 5 jt
Training Industrial Relation
Scheduled

26-27 April 2021

Training Industrial Relation

Jakarta

Rp 5 jt
Creative Thinking
Scheduled

26-27 April 2021

Creative Thinking and Problem Solving

Jakarta

Rp 5.23 jt
Certified Manpower Planner
Scheduled

26-27 April 2021

Certified Manpower Planner (CMP)

Jakarta

Rp 7 jt

Saat ini ada lebih dari 450 event training & workshop terjadwal