Perbedaan Job Description dan Job Specification


Tidak sedikit perusahaan yang mencampuradukan job description dengan job specification. Ketidakjelasan ini bisa menyebabkan tidak optimalnya proses rekrutment.

Menyusun Job Analysis

Pernah beberapa kali saya menangani klien yang ingin dibantu dalam melakukan proses rekrutmen. Beberapa diantara perusahaan tersebut biasanya memberikan daftar kebutuhan mereka. Tidak sedikit yang masih mencampuradukan antara job description dan job specification. Padahal kedua hal tersebut jelas berbeda, dan berimplikasi pada kualitas rekrutmen itu sendiri.

Pembedaan yang jelas antara job description dan job specification sangat membantu baik pemberi kerja maupun pencari kerja untuk memahami apa yang dibutuhkan perusahaan. Kejelasan dalam dokumen job requirement mentukan kesuksesan proses rekrutmen.

Apa yang dimaksud dengan job description?

Job description adalah catatan tentang tugas dan tanggung jawab dari suatu pekerjaan tertentu. Catatan tersebut berisi tentang hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan yang harus dilakukan bukan tentang pemegang pekerjaannya. Biasanya berbentuk daftar yang terdiri dari nama pekerjaan, tugas-tugas yang harus dikerjakan, lokasi, kondisi kerja, hingga risikonya.

Data-data job description didapatkan dari hasil analisis pekerjaan. Data tersebut menggambarkan apa yang sebenarnya harus dilakukan oleh pemegang pekerjaan, bagaimana mereka melakukannya dan dalam kondisi apa melakukannya.

Job description sebisa mungkin mencakup hal-hal berikut:

Apa pula yang dimaksud job specification?

Job specification adalah suatu pernyataan tentang kualifikasi minimum yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan job description yang diminta. Pernyataan tersebut harus mengidentifikasi pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan yang dimaksud secara efektif.

Job specification merupakan alat penting dalam proses rekrutmen. Spesifikasi pekerjaan yang jelas membantu petugas rekrutmen dalam menentukan kandidat yang tepat.

Job specification meliputi hal-hal berikut:

Demikian sekelumit tentang perbedaan antara job description dan job specification.

HRD SPOT menyelanggarakan pelatihan menyangkut job description, job analysis, job grading, dan job design, dengan topik sebagai berikut: