Program Pelatihan Sertifikasi BNSP


Sertifikasi BNSP merupakan standar kompetensi profesi paling kredibel di Indonesia, bahkan diakui juga di level regional dan internasional.

Sertifikasi BNSP

Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) merupakan lembaga independen yang dibentuk pemerintah yang bertugas untuk menetapkan standar dan sertifikasi profesi bagi tenaga kerja di Indonesia.

Sertifikasi yang diberikan BNSP mencakup hampir semua profesi yang ada. Untuk mendapatkan sertifikasi BNSP seorang profesional harus mengikuti serangkaian ujian kompetensi.

Pengujian dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang telah mendapatkan lisensi dari BNSP.

Program yang kami selenggarakan

Saat ini kami fokus menyelenggarakan program sertifikasi BNSP untuk 4 skema kompetensi profesi, yakni bidang human resourses, industrial relation, training of trainer, dan ahli pangan.

Tentunya, tidak menutup kemungkinan akan ditambah skema-skema kompetensi lainnya di kemudian hari.

Berikut beberapa program yang kami selenggarakan:

1

Profesi Bidang Sumber Daya Manusia

Training sertifikasi HR
2

Profesi Bidang Hubungan Industrial

Training Industrial Relation
3

Profesi Trainer & Fasilitator

Training For Trainer
4

Profesi Ahli Pangan

Penyusunan Dokumen Sistem HACCP

Mengapa Memilih Sertifikasi BNSP?

BNSP merupakan lembaga independen yang dibentuk pemerintah Republik Indonesia. Badan ini diberi tugas untuk menjamin kualitas profesi dan pengakuan kompetensi tenaga kerja untuk hampir semua bidang profesi.

Untuk melakukan tugasnya, BNSP memberikan sertifikasi kompetensi profesi kepada tenaga kerja sesuai bidang keahliannya. Secara teknis, pemberian sertifikasi dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang sudah mendapatkan lisensi.

Meskipun tujuannya menjamin kompetensi profesi tenaga kerja di Indonesia, kredibiltas sertifikasi BNSP tidak hanya diakui di lingkup nasional melainkan juga sudah banyak diakui di tingkat regional Asia Tenggara. Bahkan dalam beberapa kasus sudah mulai diakui dunia internasional.

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) adalah lembaga independen yang mendapatkan kepercayaan dan lisensi dari BNSP untuk menyelenggarakan ujian kompetensi profesi kepada calon penerima sertifikasi. BNSP menunjuk LSP sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.

Misalnya, LSP yang memiliki kompetensi di bidang manajemen SDM berhak menyelenggarakan sertifikasi untuk kompetensi profesi yang sesuai bidangnya.

Untuk mengetahui daftar semua LSP yang terdaftar di sistem BNSP bisa di lihat di sini.