Pelatihan Manajemen Arsip Tahun 2024

Pelatihan manajemen arsip diperlukan untuk meningkatkan kompetensi staf yang bertanggung jawab terhadap urusan dokumentasi dan kearsipan.

Pelatihan Manajemen Arsip

Setiap organisasi pasti memiliki arsip untuk disimpan. Seiring berjalannya waktu, jumlah arsip pasti akan menggunung. Pada tingkat ini pelatihan manajemen arsip mulai menjadi kebutuhan.

Untuk menjawab tantangan tersebut, kami merancang sejumlah pelatihan manajemen arsip untuk berbagai keperluan.

1

Filing System & Documentation

Filing System & Documentation

Pelatihan-pelatihan ini bertujuan untuk mengingkatkan keterampilan dalam pengelolaan dokumen perusahaan.

Peserta akan diberikan konsep penanganan dokumen dan bagaimana mengimplementasikan sistem kearsipan data perusahaan.

3

Electronic Filing System

Electronic Filing System

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dalam pengelolaan dokumen, baik berbentuk teks, audio maupun video.

Menyimpan dokumen dalam format digital lebih dianjurkan karena mudah dikelola. Dengan mengkonversikan dan menyimpan dokumen dalam format digital.

3

Office Administration

Managing Office & Filing System

Manajemen kantor dan pengarsipan merupakan keseharian yang harus dikelola dengan baik. Pelatihan ini dirancang bagi mereka yang bertanggung jawab mengelola kantor.

Manajemen Arsip Perusahaan

Untuk menerapkan tatakelola yang baik, arsip perusahaan tidak bisa lagi ditangani oleh masing-masing divisi. Perlu ada bagian tersendiri untuk mengelola semua data penting perusahaan. Bila sudah pada kondisi demikian, pengelolaan arsip harus menerapkan sistem manajemen yang terstandarisasi.

Tugas manajemen arsip adalah menyusun data perusahaan dari awal berdiri sampai saat ini. Jenis arisp bisa berupa laporan, data keuangan, data karyawan dan data-data lainnya.

Tujuan Manajemen Arsip

  • Mencatat kebijakan atau keputusan dari satu perusahaan secara efektif dan komprehensif.
  • Mengetahui berapa banyak jumlah arsip yang dimiliki.
  • Mengatur bagaimana mekanisme kerja dari satu perusahaan melalui arsip tersebut.
  • Membuat satu sistem kebijakan menjadi lebih praktis karena menggunakan berbagai macam kemajuan teknologi.
  • Menyimpan history dari satu perusahaan dengan baik.

Fungsi Manajemen Arsip

  • Melakukan rencana awal, lalu mengatur organisasi, lalu melakukan pengarahan, sehingga kinerja perusahaan bisa diawasi dengan baik.
  • Setelah menyimpan arsip arsip tersebut, anda harus mengelola data tersebut dengan baik.
  • Kegiatan ini terdiri dari identifikasi hingga pemulihan data.

Mengelola Arsip Digital

Dewasa ini dokumen tidak harus memiliki bentuk seperti kertas atau buku. Kedepannya akan semakin banyak dokumen yang berupa berkas digital. Menghadapi kenyataan ini, mau tidak mau perusahaan harus memiliki kemampuan manajemen arsip digital.

Manajemen arsip digital merupakan serangkaian kegiatan untuk mengelola siklus hidup informasi digital. Mulai dari pembuatan, penyimpanan, penggunaan, pengaturan, hingga pemusnahan atau penyimpanan jangka panjang.

Dengan menerapkan praktik manajemen yang baik, organisasi dapat memastikan keamanan, ketersediaan, dan kegunaan informasi digital mereka.