Pelatihan Public Speaking

Mengapa Program Pelatihan Sertifikasi Profesi Begitu Penting?


Sertifikasi profesi bertujuan untuk memastikan kompetensi seorang profesional. Perannya cukup penting baik bagi individu maupun organisasi.

Sertifikasi Profesi

Sertifikasi profesi bertujuan untuk memastikan kompetensi seseorang yang telah didapatkan melalui pembelajaran, pelatihan, maupun pengalaman kerja. Sertifikasi biasanya diberikan oleh organisasi atau asosiasi profesi yang mengetahui dengan pasti suatu kompetensi profesional dalam bidang tertentu.

Sertifikasi yang diberikan organisasi atau asosiasi profesi memberikan jaminan bahwa orang yang menyandangnya telah mendapatkan standar kompetensi tertentu. Kredibilitas suatu sertifikasi sangat ditentukan oleh organisasi atau lembaga pemberi sertifikasinya.

Di Indonesia ada Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang mengawasi konsistensi dan kredibilitas Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang memberikan sertifikat atas suatu profesi atau kompetensi tertentu. BNSP akan memberikan lisensi kepada LSP yang dianggap kredibel untuk memberikan sertifikasi.

Apa manfaatnya?

Memiliki sertifikasi memberikan nilai tambah bagi Anda di hadapan perusahaan atau klien. Sertifikasi menunjukkan bahwa kompetensi Anda telah dievaluasi dan disetujui oleh pihak ketiga. Dengan catatan, kredibilitas sertifikasi yang Anda sandang sangat tergantung pada kredibiltas lembaga yang mengeluarkannya.

Dalam beberapa bidang profesi, sertifikasi sering kali dijadikan persyaratan untuk suatu pekerjaan. Sebagai contoh, sertifikasi untuk akuntan publik, pilot, ahli K3, dan sebagainya.

Bagi para profesional, menyandang sertifikasi akan memberikan sejumlah manfaat sebagai berikut:

Bagi perusahaan atau industri, sertifikasi juga mendatangkan sejumlah keuntungan berikut:

Mengapa begitu penting?

Sertifikasi profesi merupakan proses pengakuan atas kompetensi seseorang dalam suatu bidang tertentu. Sertifikasi ini diberikan oleh organisasi yang diakui secara resmi dalam bidang tersebut dan menjamin bahwa seseorang yang diakui telah memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.

Sertifikasi profesi sangat penting karena memberikan bukti formal bahwa seseorang memiliki kompetensi dalam bidang tertentu. Ini sangat berguna bagi perusahaan dan organisasi yang mencari tenaga kerja yang kompeten, karena sertifikasi ini menjamin bahwa seseorang yang diakui memiliki kompetensi yang dibutuhkan.

Selain itu, sertifikasi profesi juga memberikan manfaat bagi individu yang diakui. Ini dapat membantu mereka dalam meningkatkan karier dan pendapatan mereka. Sertifikasi profesi juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kredibilitas seseorang dalam bidang tertentu.

Program Sertifikasi Profesi Kami

Kami menyelenggarakan program pelatihan dan sertifikasi untuk beberapa bidang profesi. Mulai dari sertifikasi nasional hingga internasional. Berikut diantaranya:

Sertifikasi BNSP

Sertifikasi Kemnaker RI

Sertifikasi Kazian Global School

Sertifikasi cRisk Academy